BLOG


Aturan Perilaku untuk Pemasok

29 June 2020

Kami (PT Berca Carrier Indonesia) memiliki kebijakan terbaru dalam bentuk Aturan Perilaku Untuk Pemasok, dimana kebijakan ini menyempurnakan kebijakan sebelumnya terkait pelaksanaan GCG (Good Corporate Governance) demi terjalinnya Kerjasama yang berkelanjutan.


Selayang Pandang

PT Berca Carrier Indonesia, termasuk masing-masing divisi, unit bisnis (secara bersama-sama disebut “Carrier”) berkomitmen terhadap standar tertinggi etika dan perilaku bisnis. Sebagaimana dinyatakan dalam Kode Etik kami, karyawan Carrier harus mematuhi hukum, menghormati komitmen mereka, bertindak dengan iktikad baik, menjunjung nilai-nilai Carrier, berupaya memajukan kepentingan para pemangku kepentingan, berkomunikasi secara terbuka dan efektif, dan memikul tanggung jawab.

Pemasok kami adalah penting untuk keberhasilan kami dan dalam rangka menyediakan produk dan layanan yang lebih baik dengan cara yang bertanggung jawab, kami mewajibkan Anda memenuhi harapan kami atas etika dan kepatuhan.

Kode Perilaku Pemasok (“Kode”) ini menyatakan harapan kami terhadap masing-masing pemasok produk dan layanan kami, dan selaras dengan harapan yang kami pertahankan terhadap direktur, pejabat, karyawan, dan perwakilan kami. Carrier memahami dan mengharapkan agar pemasok produk dan layanan kami akan memiliki kode etik dan perilaku internal mereka sendiri. Kode ini tidak dimaksudkan sebagai daftar menyeluruh dari semua persyaratan perilaku etis dan bisnis yang harus diikuti pemasok.

Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa direktur, pejabat, karyawan, perwakilan, dan mitra bisnis Anda memahami dan mematuhi harapan yang dijelaskan dalam Kode ini.

Sangkalan Umum: Harapan yang dijelaskan dalam Kode ini tidak dimaksudkan untuk bertentangan dengan atau mengubah syarat dan ketentuan kontrak Anda dengan Carrier. Apabila suatu persyaratan kontrak lebih restriktif daripada Kode ini, Anda harus mematuhi persyaratan kontrak yang lebih restriktif.


Kepatuhan terhadap Undang-Undang

Paling sedikit, Anda harus mempertahankan kepatuhan penuh terhadap semua peraturan perundang-undangan yang berlaku atas operasi bisnis Anda dan hubungan Anda dengan Carrier.


Mutu & Kesehatan serta Keselamatan Lingkungan

Produk dan layanan Anda harus dirancang, dihasilkan, dan diberikan dengan pertimbangan terpenting yaitu keselamatan dan kesehatan karyawan dan konsumen Anda. Anda harus menyediakan proses jaminan mutu untuk mendeteksi, berkomunikasi dengan Carrier, dan memperbaiki cacat untuk memastikan pemberian produk dan layanan yang memenuhi atau melebihi persyaratan mutu dalam kontrak dan persyaratan hukum serta peraturan. Semua kegiatan pemeriksaan dan pengujian harus diselesaikan dengan sebagaimana mestinya oleh individu yang diberikan wewenang dan memenuhi syarat dengan sebagaimana mestinya, dan setiap sertifikasi yang diwajibkan harus diselesaikan secara saksama.

Anda tidak boleh hanya mematuhi semua undang-undang, peraturan, dan perintah yang berlaku terkait kesehatan dan keselamatan lingkungan, tetapi juga melaksanakan kegiatan Anda dengan cara yang melindungi lingkungan, meminimalkan limbah, emisi, konsumsi energi, dan penggunaan bahan terkait. Anda juga harus menjamin lingkungan kerja yang aman dan sehat untuk karyawan dan undangan bisnis Anda.


Bersaing dalam Keunggulan dan Persaingan Sehat

Anda harus bersaing betul-betul hanya berdasarkan keunggulan produk dan layanan Anda.

Anda tidak boleh memberi suap dalam jumlah berapa pun, kepada siapa pun, di mana pun, karena alasan apapun juga, baik atas nama Carrier, atas nama Anda, atau atas nama pihak lain. Karena itu, Anda sama sekali tidak boleh menawarkan, menjanjikan, mengizinkan, atau memberikan, secara langsung atau tidak langsung, apa pun yang memiliki nilai (termasuk hadiah atau keramahtamahan bisnis) dengan maksud atau efek menyebabkan siapa pun (termasuk pelanggan Carrier, karyawan Carrier, atau pemasok dengan jenjang atau sub-jenjang yang lebih tinggi) untuk tidak melakukan kewajiban mereka dan memberikan keuntungan bisnis yang tidak adil kepada Carrier, Anda, atau pihak lainnya. Hal ini mencakup memfasilitasi pembayaran (misalnya pembayaran untuk mempercepat atau memastikan pelaksanaan tindakan pemerintah yang bersifat rutin seperti memperoleh visa atau izin pabean).

Anda tidak boleh terlibat dalam perilaku antikompetisi apa pun karena alasan apapun juga, baik atas nama Carrier, atas nama Anda, atau atas nama pihak lain. Karena itu, Anda sama sekali tidak boleh memanipulasi lelang, mengatur harga, atau mengalokasikan pelanggan atau pasar, atau mempertukarkan informasi yang sangat sensitif milik Carrier atau Anda (misalnya harga, biaya, hasil, dan sebagainya) dengan pesaing Carrier atau pesaing Anda. Anda juga harus menahan diri untuk menyalahgunakan kekuatan pasar Anda, baik untuk keuntungan Anda maupun keuntungan pihak lain, dengan menolak melakukan kesepakatan, terlibat dalam praktik penetapan harga yang bersifat memangsa atau diskriminatif, menyesuaikan penjualan atau penyediaan produk atau layanan tertentu dengan penjualan atau penyediaan produk atau layanan lain, atau melakukan taktik curang yang serupa.

Anda tidak boleh terlibat dalam praktik pasar lainnya yang menipu atau tidak sehat, baik atas nama Carrier, atas nama Anda, atau atas nama pihak lain. Karena itu, Anda sama sekali tidak boleh membuat pernyataan yang salah mengenai produk atau layanan Carrier, produk atau layanan Anda, atau produk atau layanan pihak lain. Sama halnya, Anda sama sekali tidak boleh mencemarkan nama baik pesaing Carrier atau pesaing Anda, atau produk atau layanan mereka.


Konflik Kepentingan

Anda harus menghindari semua konflik kepentingan atau situasi yang memberikan kesan konflik kepentingan dalam hubungan Anda dengan Carrier. Anda harus melaporkan kepada Carrier setiap hal yang melibatkan konflik kepentingan yang sebenarnya atau yang kelihatannya merupakan konflik kepentingan antara kepentingan Anda dan kepentingan Carrier, seperti ketika salah satu karyawan Anda (atau seseorang yang dekat dengan salah satu karyawan Anda) memiliki hubungan pribadi dengan seorang karyawan Carrier yang dapat membuat keputusan yang berdampak terhadap bisnis Anda, atau ketika karyawan Carrier memiliki kepentingan kepemilikan atau keuangan atas bisnis Anda.


Kepatuhan terhadap Perdagangan Internasional

Anda harus melakukan bisnis dengan betul-betul patuh terhadap semua peraturan perundangundangan yang berlaku yang mengatur (a) ekspor, reekspor, dan pemindahan ulang barang, data teknis, perangkat lunak, dan layanan; (b) impor barang; (c) sanksi dan embargo ekonomi; dan (d) persyaratan antiboikot Amerika Serikat.


Perlindungan Informasi

Anda harus menghormati hak kepemilikan dan hak kekayaan intelektual yang sah dari Carrier dan pihak lainnya. Anda harus memberi perhatian yang sebagaimana mestinya untuk melindungi informasi sensitif, termasuk informasi rahasia, kepemilikan, dan pribadi. Anda tidak boleh menggunakan informasi tersebut untuk tujuan apa pun selain tujuan bisnis yang untuknya informasi tersebut diberikan, kecuali apabila pemilik informasi memberikan izin sebelumnya.


Akurasi Catatan dan Hal yang Disampaikan

Anda harus memelihara pembukuan dan catatan yang secara akurat dan lengkap mencerminkan semua transaksi yang terkait dengan bisnis Carrier, dan setiap hal yang Anda sampaikan kepada Carrier, pelanggannya, dan otoritas pengatur harus akurat dan lengkap. Anda sama sekali tidak boleh membuat entri apa pun dalam pembukuan dan catatan Anda atau mengubah, menutupi, atau menghancurkan dokumen apa pun untuk menyatakan secara tidak benar fakta, keadaan, atau transaksi apa pun yang terkait dengan bisnis Carrier.


Nondiskriminasi

Anda harus memperlakukan karyawan dan mitra bisnis Anda yang telah ada dan yang akan datang secara adil, hanya berdasarkan kemampuan dan faktor lain yang terkait dengan kepentingan bisnis Anda yang sah, dan tanpa memperhatikan ras, agama, warna kulit, usia, jenis kelamin, identitas atau ekspresi jenis kelamin, orientasi seksual, asal kebangsaan, status pernikahan, status veteran, atau disabilitas.


Pekerja Anak

Anda harus memastikan bahwa pekerja anak tidak digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan Anda, baik yang terkait dengan bisnis Carrier maupun tidak. Istilah “anak” rmengacu pada setiap orang dengan usia di bawah usia minimum berdasarkan hukum untuk pemberian pekerjaan di mana pekerjaan tersebut dilakukan.


Perdagangan Manusia

Anda harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang melarang perdagangan manusia. Anda tidak boleh terlibat dalam penggunaan tenaga kerja paksa, tenaga kerja budak, tenaga kerja kontrak paksa (indentured labor), tenaga kerja penjara tak sukarela, perbudakan, atau perdagangan orang.


Pelaporan Anonim & Melaporkan Perilaku Tak Pantas

Kami mengharapkan Anda memberikan kepada karyawan Anda dan mitra bisnis Anda akses terhadap saluran pelaporan yang memadai untuk menyampaikan masalah atau keprihatinan dalam hal hukum atau etis, termasuk, tanpa pembatasan, laporan tentang pelanggaran Kode ini oleh Anda atau mitra bisnis Anda, tanpa ketakutan akan balas dendam, termasuk kesempatan atas pelaporan anonim.

Apabila Anda mengetahui perilaku tak pantas yang terkait dengan bisnis Carrier yang dilakukan oleh karyawan Carrier mana pun, salah satu karyawan Anda, atau karyawan mana pun dari mitra bisnis Anda, kami mengharapkan Anda segera memberitahu Carrier. Anda dapat menghubungi Kantor Etika & Kepatuhan Carrier di compliance@carrier.co.id

Anda harus segera menyelidiki laporan masalah atau keprihatinan dalam hal hukum atau etis.


Etika & Program Kepatuhan

Bersesuaian dengan ukuran dan sifat bisnis Anda, Anda harus memiliki sistem, alat, dan proses manajemen yang siap yang (a) memastikan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, dan persyaratan yang berlaku yang dijelaskan dalam Kode ini; (b) mendorong kesadaran akan dan komitmen terhadap praktik bisnis yang etis, termasuk, tanpa pembatasan, harapan yang dijelaskan dalam Kode ini; (c) memfasilitasi penemuan, penyelidikan, pengungkapan (kepada Carrier dan pihak lain, sebagaimana sesuai) dan implementasi tindakan perbaikan yang tepat waktu atas pelanggaran hukum, peraturan, atau harapan yang dijelaskan dalam Kode ini; dan (d) memberikan pelatihan kepada karyawan Anda tentang persyaratan kepatuhan, termasuk harapan yang dijelaskan dalam Kode ini.


Mitra Bisnis Anda

Apabila kontrak Anda dengan Carrier melarang Anda mengalihkan, mendelegasikan, atau melakukan subkontrak atas kewajiban Anda, kami mengharapkan Anda betul-betul mematuhi larangan ini.

Apabila kontrak Anda dengan Carrier mengizinkan Anda mengalihkan, mendelegasikan, atau melakukan subkontrak atas kewajiban Anda atau pengadaan produk atau layanan dari pihak lain yang akan digabungkan dalam produk atau layanan yang diperoleh Carrier dari Anda, kami mengharapkan Anda secara saksama memilih mitra bisnis Anda, dan melakukan uji tuntas, audit, dan pengawasan untuk mencegah dan mendeteksi perilaku tak pantas. Anda harus memasukkan prinsip yang dijelaskan dalam Kode ini ke dalam kontrak mitra bisnis tersebut dan kami akan menganggap Anda bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan oleh mitra bisnis Anda.


Kepatuhan terhadap Kode

Anda harus mengizinkan Carrier dan/atau perwakilannya untuk menilai kepatuhan Anda terhadap harapan yang dijelaskan dalam Kode ini dalam melakukan pekerjaan untuk Carrier, termasuk pemeriksaan di tempat atas fasilitas dan pemeriksaan pembukuan, catatan, dan dokumentasi lain yang terkait. Anda juga harus memberikan kepada Carrier, berdasarkan permintaan, informasi dan keterangan tambahan yang membuktikan kepatuhan.

Anda harus memastikan bahwa Carrier memiliki hak untuk menilai kepatuhan mitra bisnis Anda terhadap harapan yang dijelaskan dalam Kode ini dalam melakukan pekerjaan untuk Carrier, termasuk pemeriksaan di tempat atas fasilitas dan pemeriksaan pembukuan, catatan, dan dokumentasi lain yang terkait. Anda harus memastikan bahwa mitra bisnis Anda akan memberikan kepada Carrier, berdasarkan permintaan, informasi dan keterangan tambahan yang membuktikan kepatuhan.

Dalam hal kesalahan apa pun, Anda harus bekerja sama sepenuhnya dengan setiap penyelidikan terkait yang dilakukan oleh Carrier. Anda harus memastikan bahwa mitra bisnis Anda juga bekerja sama sepenuhnya apabila penyelidikan tersebut melibatkan peran mereka.

Anda (dan mitra bisnis Anda) harus memperbaiki setiap ketidaksesuaian yang ditemukan selama penilaian. Carrier tidak memikul kewajiban apa pun untuk memantau atau memastikan kepatuhan terhadap Kode ini, dan Anda mengakui dan setuju bahwa hanya Anda yang bertanggung jawab atas kepatuhan sepenuhnya terhadap Kode ini oleh direktur, pejabat, karyawan, perwakilan, dan mitra bisnis Anda.

Untuk pertanyaan atau hal terkait Kode ini, termasuk aplikasinya dalam keadaan tertentu sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan organisasi Anda untuk Carrier, atau dugaan kelalaian oleh organisasi Anda untuk memenuhi harapan ini dalam melaksanakan pekerjaan untuk Carrier, silakan hubungi Kantor Etika & Kepatuhan di compliance@carrier.co.id